Selasa, 09 September 2008

Bahagia Sesungguhnya

Bahagia adalah sebuah rasa yang ada dalam sanubari setiap insan didunia ini, Allah selalu menciptakan segala sesuatu dengan pasangannya. Ada bahagia pasti ada sedih, namun kali ini saya akan membahas sebuah rasa bahagia yang sesungguhnya. Sebenarnya kita sering merasa bahagia bila kita memiliki kekasih yang cantik atau tanpan dan kita juga suka merasa bahagia bila mendapat bonus tambahan dari atasan kita di kantor. Tapi apakah itu sebuah rasa bahagia yang sesungguhnya? Menurut hemat saya itu bukanlah sebuah rasa bahagia yang sesungguhnya namun itu hanya sebuah rasa behagia sesaat, karena kita mempunyai sesuatu yang lebih.
Tapi cobalah bila kita bisa menjadi seseorang yang dapat bermanfaat bagi orang lain, rasakan hentakan jantung dan aliran darah kita yang begejolak karena merasakan kepuasan yang tidak dapat dimengerti, rasa kepuasan yang bukan saja dirasakan dengan waktu yang singkat tetapi rasa itu melekat didalam sanubari kita. Rasa bahagia yang sesungguhnya tidak dapat kdiungkapkan dengan kata-kata, ia hadir disetiap hembusan nafas kita.
Menjadi bermanfaat bagi orang lain itu memang secara teori sangat mudah namun dalam pakteknya sangatlah sulit. Banyak sekali halangan dan rintangan yang dihadapi sebelum kita melakukannya., karena sesungguhnya setan telah berjanji kepada Allah bahwa ia akan selalu menggoda manusia sampai akhir zaman. Ia tidak akan pernah iklas bila anak cucu dari nabi adam dapat melakukan kebaikan walau hanya sekecil biji buah kiwi. Ia akan terus menggoda dan menggoda, maka bila kita bisa lulus dari godaan itu maka rasa bahagia yang dirasakan oleh seluruh tubuh kita dan semuanya mengucapkan Al-hamdullilah. Itu adalah rasa bahagia yang sesungguhnya. Bahagia bisa mengalahkan godaan setan, bahagia dapat membantu sesama, bahagia karena bisa menjadi yang bermanfaat, bahagia karena masih membantu orang lain, bahagia karena kita ternyata punya kelebihan yang orang lain tidak punya, bahagia karena masih memiliki rasa iklas dalam diri dan masih banyak bahagia-bahagia yang lain yang dirasakan bila kita bisa melakukannya.

Tidak ada komentar: